Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Cara Menjaga Kekuatan Baterai Laptop atau Notebook

Hal yang paling umum dirasakan oleh semua pembeli notebook atau laptop seperti ASUS -misalnya- adalah permasalahan baterai. Baterai notebook atau laptop yang cepat low-batt, menjadi sebuah gangguan bagi penggunanya, dengan kata lain laptop atau notebook takmampu menyimpan energi alias daya secara maksimal.
Cara Menjaga Kekuatan Baterai Laptop atau Notebook
Cara Menjaga Kekuatan Baterai Laptop atau Notebook
Secara umum setiap laptop atau notebook pada baterainya mengandung bahan nikel-kadmium alias NiCd. Karena itu, setiap hendak di-charge, pemilik laptop atau notebook agar memerhatikan meter baterai, apakah sudah mau habis atau tidak? Hal ini diperlukan agar proses pengisian daya berlangsung dengan baik dan benar.

Faktor lain yang menyebabkan daya baterai pada setiap laptop atau notebook terasa boros adalah pengaturan layar. Apabila layar monitor diatur dengan cahaya terang maka daya baterai akan cepat habis. Untuk itu aturlah gelap-terang monitor laptop atau notebook dengan tingkat kecerahan (brightness) yang sedang-sedang saja.

Perhatikan Cara Menjaga Kekuatan Baterai Laptop atau Notebook berikut ini.
  1. Atur contrast layar monitor pada level sedang,
  2. Atur pula atau aktifkan fitur sleep mode, bisa dilakukan dengan cara otomatis. Sehingga di saat laptop atau notebook tidak digunakan, pada waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, laptop akan 'beristirahat'.
  3. Kurangi penggunaan port USB yang terdapat di sisi kiri atau kanan laptop Anda. Sepertinya sepele, namun disinyalir, penggunaan port USB secara berlebihan berpotensi membuat daya setiap laptop atau notebok cepat low-batt. (Biasanya port usb digunakan untuk menghubungkan dengan printer, flashdisk, atau scanner).
  4. Matikanlah fitur koneksi wi-fi pada lptop Anda di saat tidak digunakan untuk ber-internet. Karena terkadang pengguna laptop atau notebook lupa mematikan wi-fi di saat tidak menggunakannya. Karena di saat aktif, wi-fi pada laptop akan terus berusaha mencari gelombang hotspot dan hal inilah yang menjadikan laptop cepat boros baterainya.
  5. Simpanlah baterai di tempat yang kering serta dingin. Tujuannya, agar baterai laptop bisa tetap optimal saat digunakan. Serta taklupa untuk tetap menjaga kebersihan baterai dan jauhkanlah baterai dari suhu atau sumber panas.
  6. Dalam sebulan biarkan laptop saat baterainya penuh, menyala tanpa aktifitas. Biarkanlah menyala hingga laptop atau notebook mati karena kehabisan daya. Dan jangan pernah membiarkan laptop atau notebook tidak dinyalakan dalam waktu yang sangat lama. Cara tersebut tidak baik bagi 'kesehatan'  laptop atau notebook Anda. Dan apabila dengan terpaksa Anda harus hiatus menggunakan laptop pastikanlah baterai laptop memiliki daya sekitar 40%.
Itulah sekilas tentang, Cara Menjaga Kekuatan Baterai Laptop atau Notebook yang diperoleh dari user guide resmi Laptop atau Notebook ASUS. Selamat mencoba :)