Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Peranan Keluarga Menurut Stephen R. Covey

Siapa yang takmengenal Stephen R. Covey? Penulis buku laris, The Seven Habits of Highly Effective People ini tinggal bersama istrinya, Sandra dan keluarga mereka di Provo, Utah. Beliau merupakan staf pengajar di Universitas Brigham Young.

Peranan Keluarga Menurut Stephen R. CoveySebelum Covey menerbitkan buku larisnya, dia telah mempunyai 9 orang anak dan 49 cucu dari istrinya. Meskipun keluarga besar Covey berhasil mewujudkan fungsi serta peranan keluarga. Pantaslah Covey memperoleh Penghargaan Untuk Seorang Ayah dari National Fatherhood Initiative pada 2003.

Peranan Keluarga Menurut Stephen R. Covey — Berbicara mengenai peranan keluarga, berikut 4 hal penting menurut Stephen R. Covey, yaitu:
1. Modelling, orangtua merupakan model atau panutan anak-anaknya. Orangtua memengaruhi secara kuat sekali dalam hal keteladanan bagi sang anak.Baik hal positif ataupun negatif, orangtualah yang pertama dan terdepan yang dijadikan teladan oleh anak. Orangtua menjadi pola pembentukan "Way of Life" atau gaya hidup anak. Cara berpikir dan perbuatan anak dibentuk oleh cara berpikir dan berbuat orangtuanya. Dengan cara seperti inilah orangtua mewarisi perbuatan dan pola pikir buat anaknya.

2. Mentoring, artinya kemampuan untuk menjalin atau membangun hubungan, menanamkan kasih sayang kepada orang lain, atau pemberian perlindungan kepada orang lain secara mendalam, jujur dan tanpa syarat.

3. Organizing, keluarga juga merupakan analogi dari perusahaan kecil yang memerlukan kerjasama tim, dalam menyelesaikan permasalahan, tugas, atau memenuhi kebutuhan keluarga.

4. Teaching, ini yang sesuai dengan judul artikel kali ini, orangtua sebagai guru di lingkungan keluarga. Orangtua mengajarkan kepada anak-anaknya tentang hukum-hukum atau prinsip dasar kehidupan. Di sinilah orangtua diuji kompetensinya untuk menciptakan kemampuan sadar pada diri anak, yaitu anak sangat menyadari apa yang dikerjakannya dan memahami alasan mengapa mengerjakan hal itu. Di sinilah anak akan merasa enjoy dengan pekerjaannya tanpa sedikitpun ada rasa terpaksa karena orangtuanya.

Itu saja sekilas tentang peranan keluarga menurut Stephen R. Covey, mudah-mudahan bisa menjadi rujukan bagi pembaca yang bercita-cita mewujudkan rumah-tangga yang berhasil dan bahagia. [] foto