Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Melacak Smartphone yang Hilang

Frustasi adalah hal yang wajar saat smartphone yang digunakan hilang entah dicuri atau terjatuh. Untuk meminimalisir rasa frustasi. Pada setiap smartphone baik itu iOS, Blackberry atau Android sudah disediakan aplikasi yang penting untuk digunakan saat smartphone raib dicuri atau terjatuh.


Aplikasi yang dimaksud akan terhubung dengan satelit atau GPS ketika smartphone hilang dan memudahkan pemiliknya saat melacak keberadaannya. Coba Anda perhatikan artikel tentang Aplikasi Penting Saat Melacak Smartphone yang Hilang berikut ini.
Silakan Anda install Find My iPhone bagi pengguna iOS, BlackBerry Protect bagi pengguna Blackberry, bisa pula Anda memasang Prey, Mobile Defense, atau  Lookout bagi Anda pengguna smartphone Android. 

Selain upaya tersebut di atas, coba Anda lakukan juga tips berikut ini.

Calling yourself

Silakan Anda pinjam sebentar smartphone seorang teman lalu coba hubungi smartphone yang hilang tersebut. Opsi lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimi ponsel pintar Anda dengan pesan singkat. Tulislah dalam pesan yang akan dikirim dengan pesan berupa iming-iming semisal hadiah sejumlah uang bagi yang telah menemukan ponsel Anda yang hilang. Setelah upaya tersebut dilakukan, kemungkinannya hanya ada dua; seseorang mengembalikan smartphone kita yang hilang atau ada bunyi atau getar di balik kursi atau bantal Anda di rumah :)

Hubungi operator provider seluler

Bila upaya nomor 1 sudah dilakukan dan tanpa hasill, lakukanlah upaya kedua berikut.
Hubungi operator provider seluler yang digunakan, lalu sampaikan bahwa nomor telepon yang digunakan handset-nya hilang dan mintalah kepada pihak provider untuk menonaktifkan semua layanan; data, pesan serta panggilan hingga waktu yang ditentukan. Cara ini mampu mencegah smartphone yang hilang dari ulah pencuri yang akan menghabiskan pulsa, bahkan akan mencegah dari ulah penyusupan semisal belum logout dari toko online yang lupa ditutup kembali (logout).

Ganti password semua akun

Bila memang diperkirakan smartphone akan benar-benar raib, cobalah Anda ingat-ingat akun mana saja yang tersinkronisasi dengan gadget yang hilang tersebut. Ganti semua akun yang terkoneksi dengan smartphone Anda yang hilang, sehingga tidak ada resiko kehilangan akses saat dalam jaringan. Lakukan konfirmasi kepada beberapa pihak saat Anda mengubah kata sandi atau password seperti pihak bank salah satunya.

Catat Nomor Penting

Sebelum hal terburuk terjadi, lakukan pencegahan dengan meluangkan waktu untuk mencatat nomor IMEI, ESN serta MEID yang dimiliki oleh smartphone kesayangan Anda. Umumnya, nomor tersebut tertera pada bagian dalam smartphone. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Luangkanlah waktu untuk mencatat nomor ESN, IMEI, atau MEID ponsel Anda. Pada kebanyakan ponsel, nomor ini sering ditemukan di bagian dalam ponsel atau pada bagian dalam baterai setiap smartphone. Data-data tersebut bisa menjadi acuan saat kita melaporkan berita kehilangan smartphone di hadapan kepolisian atau pihak operator seluler yang digunakan pada smartphone yang dipakai.

Back up plan

Salinlah data penting yang terdapat pada smartphone sebelum hal buruk terjadi. Lakukanalah penyalinan data penting secara berkala dari smartphone ke perangkat lain, semisal tablet, laptop atau desktop di rumah. Idealnya, periode yang pas dalam rangka menyalin (back up) data dari smartphone ke perangkat gadget lain adalah seminggu sekali. Hal ini akan terasa di saat Anda membeli handset baru, sehingga smartphone tidak kosong melompong karena data back up sudah dimasukkan ke dalam memori gadget baru. Biasakan pula untuk menghapus setiap histori saat Anda menjelajahi internet dengan menggunakan aplikasi clear cache/cookies.

Itulah sekilas tips yang berhubungan dengan Aplikasi Penting Saat Smartphone Hilang. Mudah-mudahan ini hanya menjadi bekal dan smartphone Anda tidak pernah hilang, amin :)