Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Multitasking Is a Must!

Mengerjakan beragam tugas alias tugas ganda adalah suatu keharusan! Serem ataukah keren? :D
Di era digital abad 21 ini, menjadi seorang karyawan memang harus mampu mengerjakan beberapa hal sekaligus alias multitasking. Mindset-nya sengaja membicarakan karyawan, agar sesuai dengan pengalamanku sehari-hari -yang hingga kini- seorang karyawan.

Baik, balik lagi ke judul artikel kali ini, “Multitasking Is a Must!” Memang begitulah tuntutannya. Seorang karyawan wajib memiliki skill untuk beberapa hal sekaligus, jika tidak, maka kewalahan adalah sebuah keniscayaan saat mengerjakan atau menyelesaikannya.

Untuk itu perlu beberapa kiat atau tips yang bisa dilakukan, semisal berikut ini.
» Buatlah estimasi atau perkiraan durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas. Juga yang perlu diatur adalah waktu memulainya. Sehingga bisa realistis dalam merencanakan dan mengerjakan tugas tersebut. Dan yang perlu juga diperhatikan, pertimbangan kemampuan kita dan tim dalam menyelesaikan tugas.

» Usahakan tidak terpaku pada durasi waktu pengerjaan tugas sesuai yang direncanakan. Seperti bila waktu pengerjaan tugas menurut rencana dua jam, maka jangan terpaku dengan waktu selama dua jam. Bila bisa lebih cepat itu lebih baik. Sehingga memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas ke tahap selanjutnya.

» Gunakanlah skala prioritas. Susunlah pekerjaan jika memang terlalu banyak, atur sesuai skala prioritas. Bisa dimulai dari pekerjaan yang tersulit hingga ke yang termudah atau sebaliknya. Yang baik itu adalah bekerja dengan mengatur irama, tidak terlalu lambat ataupun terlalu cepat.

» Disiplin. Dalam bekerja sangat diperlukan kedisiplinan yang tepat dan ketat. Kerjakan tugas dengan skala prioritasnya. Usahakanlah saat bekerja tidak terganggu oleh hal sepele namun bisa berakibat fatal. Seperti main game di kala sibuk, atau asyik balas komentar facebook atau malah 'mantengin' linimasa twitter. Jangan pernah melakukan hal yang bersifat indisipliner. Setelah tugas selesai, barulah beristirahat dengan bermain game atau balas komentar facebook atau jika memang menghibur, silakan nge-tweet meramaikan linimasa.

» Yang terakhir, biasakanlah memiliki sikap efisien. Yaitu berpikir mudah dan bersikap efisien. Jangan berpikir rumit tentang cara mengerjakan tugas. Artinya, jika tugas bisa dibuat dengan sederhana mengapa harus dibuat sulit. Bersikap efisien maka tugas akan lebih mudah diselesaikan dan akan memiliki banyak cadangan waktu untuk menyelesaikan tugas selanjutnya....

Demikian sajian artikel yang adetruna sarikan dari Klasika Kompas yang terbit beberapa waktu yang lalu. Sekali lagi, multitasking is a must ... Semoga bermanfaat, selamat bekerja - hidup buruh! [] sumber gbr