Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Tips Memanggang yang Baik dan Sehat

Tips Memanggang yang Baik dan Sehat — Meskipun bagi sebagian orang memanggang menggunakan microwave dianggap menyulitkan dan memerlukan kehati-hatian. Namun hal itu berbanding lurus dengan masakan yang dihasilkannya.

Dengan microwave, orang bisa memasak dengan cepat, dan hampir semua jenis bahan makanan bisa dimatangkan menggunakan microwave.


Dan yang paling penting mematangkan masakan dengan memanggang mampu menekan tingkat kolesterol dan bisa menjadikan masakan menjadi sehat.

Tips Memanggang yang Baik dan Sehat — Berikut beberapa tips memanggang yang baik dan sehat saat memasak:
1 » Atur letak makanan agar sesuai bentuknya. Caranya; makanan yang lebih tebal senantiasa diletakkan bagian terluar wadah. Tetapi, bila makanan memiliki tebal yang rata maka letakkan melingkar di atas wadah, serta biarkan bagian tengah kosong.

2 » Untuk beberapa jenis makanan, perlu dilakukan perputaran wadah atau membalikkan bahan makanan agar tingkat kematangan di setiap bagian merata, misalnya daging, dan telur.

3 » Perhatikan ukuran wadah makanan. Bahan makanan yang mengandung susu cair, sereal, dan selai akan mengembang lebih besar bila dimasak dengan teknik dipanggang daripada dimasak biasa. Maka, persiapkanlah wadah yang lebih besar untuk mengantisipasi makanan yang dimasak meluap keluar.

Banyak ragam wadah yang bisa digunakan untuk memasak menggunakan microwave yang penting tahan panas. Yang harus dihindari adalah wadah yang berbahan besi sebab sifat gelombang mikro tidak mampu menembus logam

Sediakan aluminium foil saat memanggang daging guna mencegah terbakarnya bagian daging yang berlemak. Sedangkan untuk bahan makanan semisal sayur, telur, atau hati sapi sangat direkomendasikan untuk melubangi wadah agar alat pemanggang tetap bersih dari semburan uap yang tiba-tiba menyembur.

4 » Perhatikan waktu. Jangan lupa memerhatikan durasi proses pemanggangan. Makanan yang dimasak dengan microwave akan tetap mengalami pemanasan singkat setelah dikeluarkan. Maka, agar makanan matang secara optimal perhitungkan waktu dengan benar.

Demikianlah tips memanggang yang baik dan sehat yang saya petik dari Klasika Kompas. Selamat memasak! [] sumber foto