Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Tips Menjaga Kebersihan Mobil

Seperti halnya badan kita, bila tidak mandi akan kotor. Penampilan diri yang kotor akan memperburuk pencitraan alias imej di mata orang lain. Begitu pula dengan mobil ...

Bagi Anda yang senantiasa menjadikan mobilnya untuk sarana mobilitas menjalankan aktifitas. Tentu saja takingin memperoleh citra diri yang buruk, bukan?
mencuci mobil

Kadangkala, orang berpendapat tipikal seseorang dapat dilihat dari mobil yang digunakannya. Apabila kendaraannya selalu bersih, orang yang menggunakannya memang memiliki karakter disiplin dan pribadi yang sehat dan bersih.

Maka, jangan sampai mobil dibiarkan kotor berlama-lama. Selain akan menghambat kinerja mesin, juga mengganggu pencitraan diri hehehe ...

Ada dua cara membersihkan mobil. Menggunakan jasa pencucian dan dicuci sendiri. Apabila mobil dicuci menggunakan jasa pencucian, ada resiko akan merogoh kocek untuk membayar jasanya. Dan yang dikuatirkan dari menggunakan jasa pencucian, mereka akan mencuci asal-asalan. Sehingga pilihan yang terbaik adalah mobilnya dicuci sendiri.

Berikut adalah “Tips Menjaga Kebersihan Kendaraan”;
1. Siapkan lap katun. Saat mencuci di rumah yang dibutuhkan adalah lap katun yang bersih dan lembut, atau sarung tangan khusus untuk mencuci mobil. Bila menggunakan lap yang sembarangan, semisal kotor dan kasar akan merusak permukaan badan mobil.

2. Gunakan deterjen khusus. Mencucilah di tempat yang teduh dan landai. Agar air bekas bilasannya mengalir dan mobil cepat kering. Bila menggunakan detergen, turuti aturan pakainya dan khusus untuk mobil.

3. Dahulukan velg-nya. Ketika mencuci mobil bagian yang sebaiknya paling awal dicuci adalah velg. Saat menggunakan spray cleaner, semprotkanlah sesuai petunjuk. Saat menemukan kotoran yang menempel gosoklah dengan sikat lembut secara perlahan. Bersihkan pula bagian yang sulit, semisal sela-sela velg dan bagian kolongnya.

4. Mandikan badan mobil. Lanjutkan dengan mengguyur bagian tubuh mobil dari atas hingga bawah. Semprotlah seluruh badan mobil secara merata. Gunakan penyemprot yang berbentuk pistol yang bisa diatur besar atau kecil semprotannya. Tekanan semprotan tidak boleh terlalu kuat, semprot dengan air yang menyiram biasa saja. Semprotan yang kuat bisa mendorong kotoran masuk ke dalam finish.

5. Keringkan mobil dengan lap katun. Setelah rampung membersihkan, tibalah waktunya mengeringkan badan mobil. Gunakanlah lap katun yang lembut saat mengeringkan mobil. Letakkan lap pada permukaan mobil yang akan dikeringkan, biarkan hingga air terserap oleh lap. Jangan mengusap mobil saat mengeringkannya, sebab hal itu akan menggores permukaan mobil.

6. Gunakan penyedot debu alias vacuum cleaner. Yang terakhir, buka semua pintu-pintu mobil, mulai dari keempat pintu, kap mesin, dan bagasinya. Biarkan beberapa saat agar sisa-sisa air cepat mengering. Dan untuk membersihkan kotoran di dalam kabin gunakan penyedot debu alias vacuum cleaner.

Itulah “Tips Menjaga Kebersihan Mobil” mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda yang memilikinya. Adetruna? Aku mau beli mobil dulu ke kantin sebelah... Daaaah :P [] sumber foto