Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Sejarah Madu

Sekilas Catatan Sejarah Madu — Madu dibuat oleh lebah, lebah dalam Alquran memiliki lafal An-Naĥl atau The Bee ( النحل ), — menurut catatan FAO (Food and Agriculture Organization) beberapa tahun yang lalu, penghasil madu tertinggi di dunia dipegang oleh Cina, Argentina, Turki, dan Amerika Serikat. Untuk di Indonesia, Lombok merupakan salah satu penghasil madu dengan kualitas terbaik.
Sekilas Catatan Sejarah Madu di belahan benua Eropa, tercatat bahwa madu merupakan upeti yang paling mewah yang diberikan petani untuk sang raja. Sedangkan menurut tradisi budaya Hindu dan Budha, kedua agama inipun mengenal madu. Dalam tradisinya, bagi umat Hindu ada yang dinamakan dengan Madhu Abhisheka, salah satu ritual dengan media madu. Sementara itu, umat Buddha di Bangladesh dan India madu menjadi alat yang sakral untuk menjalankan tradisi dalam festival Madhu Purnima.

Sementara itu menurut mitos bangsa Yunani kuno—madu merupakan minuman para dewa, dan menurut sejarah Mesir kuno, madu berguna untuk membalsam orang yang meninggal. Dan menurut sejarahnya, konon Cleopatra ikon ratu kecantikan masa lampau memanfaatkan madu sebagai alat kosmetika.

» Artikel lain:

Mengenal Status Lebah Madu—Cairan lengket, kental, serta manis yang dinamakan ...

Dalam Agama Islam perihal madu sudah termaktub dalam penggalan ayat Alqur'an. Tepatnya di dalam surat An-Nahl, nomor surat 16 ayat 68 - 69;

بسم الله الرحمن الرحيم

an nahl 68

an nahl 69

“Dan tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, ‘Buatlah sarang di gunung-gunung, pepohonan, dan pada tempat-tempat buatn manusia, kemudian makanlah dari segala macam buah-buahan, lalu tempuhlah jalan tuhanmu yang telah dimudahkan buatmu.’ Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh pada demikian itu terdapat tanda kebesaran Allah bagi orang yang beruntung.”-An Nahl; 68-69

Dari ayat di atas nampak jelas, bahwa madu banyak manfaat bagi umat manusia. Dan Rasulullah SAW menjadi uswatun hasanah dalam hal mengonsumsi madu; pagi hari sebelum menyantap apapun, dengan dicampur air Beliau meminum madu. Berikut sebuah tayangan tentang bagaimana lebah memproduksi madu.


Referensi artikel “Sekilas Catatan Sejarah Madu” ini bersumber dari majalah Noor. Ok? []