Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

LED Nan Cantik, Elegan, dan Hemat Energi


JUDUL di atas seperti memuji perempuan, karena cantik dan elegan, akan tetapi saat membaca 'hemat energi' ketahuan deh… Bukan perempuan sebagai subyeknya. Emang ada perempuan yang hemat energi? Hehehe… Sudah ah takut tulisan ini berujung SARA. Kita alihkan perhatian kita pada topik yang sebenarnya; Lampu LED.

LED adalah kependekan dari Light Emitting Diode. Yaitu semikonduktor yang menghasilkan cahaya berupa pancaran monokrom. Cahaya yang dihasilkan merupakan gabungan dari cahaya inframerah dekat, tampak dan ultraungu dekat dengan pita energi yang berbeda-beda.

Contoh aplikasi yang paling mudah adalah menjadikan lampu LED sebagai alat penerangan. Kalau tidak perumahan tentunya perkantoran sudah banyak yang menggunakan lampu LED sebagai lampu penerang ruangan.

LED elegan

Pernah terlintas tidak dalam benak, kita membandingkan antara lampu pijar alias bohlam dengan lampu LED? Coba saja telusuri, akan menemukan beberapa faktor yang menjadi alasan lampu LED tetap mengungguli beberapa hal penting.
Faktor-faktor yang membuat lampu LED unggul mengalahkan lampu pijar, antara lain:

- Lampu pijar tidak tahan lama alias berumur pendek.
- Lampu pijar meskipun sederhana akan tetapi memerlukan energi atau daya yang besar.
- Lampu pijar fisiknya cepat sekali panas.
- Lampu pijar refleksinya lambat.

    Sering kita melihat di media cetak, atau media internet menginformasikan tentang keindahan, keunikan mengenai lampu LED. Silakan Anda google-ing, lalu ketik dengan kata kunci lampu LED. Apa yang Anda dapatkan? Banyak sekali informasi mengenai lampu LED. Informasi terakhir yang tersiar bahwa lampu LED siap menguasai pasar di tahun-tahun mendatang, bahkan bisa dikatakan sudah menggebrak pasar sepanjang tahun 2011. Faktor yang mendukung keberhasilannya adalah harganya yang sudah semakin terjangkau. Memang patut diacungi jempol di saat masih orang-orang mencari penemuan-penemuan kreatifitas. Ada saja inovator yang menghadirkan kreatifitas di bidang pencahayaan.

    Solusi Pencahayaan Tempat yang Nyaman
    Lampu LED tidak sekadar menerangi namun dengan penataan cahaya yang tepat akan memancarkan cahaya yang mampu menstimulasi suasana hati kita. Terkadang orang berpikir bagaimana caranya memberikan interior ruangan yang menarik? Bisa dimulai dengan memberikan pencahayaan menggunakan lampu LED. Maka, salah satu contoh tindakan yang tepat kita bisa memadupadankan antara cahaya lampu dengan cat tembok baik itu di rumah atau di kantor. Pemanfaatan lampu LED dikombinasikan dengan warna cat tembok dengan tepat dan serasi akan mampu mengundang sensasi suasana hati lebih sreg dan nyaman.

    Beberapa kreasi dan inovasi produksi pun sudah banyak dilakukan dalam pembuatan lampu LED. Dan salah satu perusahaan dari negeri kincir angin sudah melakukan riset dan pengembangan teknologi lampu LED. Bentuk lampu LED dirancang dengan hasil yang beraneka-ragam. Mulai dari lampu sorot, lampu arsitektural, lampu dekoratif hingga lampu untuk outdoor. Semuanya menarik dan cantik. Semua penemuan kreatifitas dan inovasi ini memberi kesan cantik dan elegan.

    LED hemat energi

    Ada yang membuat saya tertawa geli. Saya jadi ingat semasa kecil dulu, depan rumah ada tanah menggunung –karena depan rumahku perkampungan—nah bila senja datang, perlahan namun pasti bermunculan kunang-kunang dengan cahayanya yang indah. Saya waktu itu suka mengejarnya. Nah, sedari tadi yang terbayang di pikiranku adalah lampu LED. Saat itu, saya menangkap satu kunang-kunang, saya perhatikan dengan seksama sumber cahayanya, ternyata cahaya ada di dalam perut kunang-kunang. Persis dengan lampu LED! Ah, ini hanya intermezzo dari saya saja hehehe….

    Terakhir dari saya, sudahkah Anda menggunakan lampu LED? Mari kita sama-sama buktikan, salam… []