Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Tips Bugar Saat Berpuasa

Membaca tulisan “Tetap Semangat dan Produktif di Tempat Kerja Selama Puasa” di portal sebelah, jadi kepengen juga menyajikan tentang puasa pada blog ini.Kebetulan bulan puasa tidak akan lama lagi datang. Untuk menyambutnya, maka berikut saya hadirkan tulisan mengenai puasa. Semoga bermanfaat…


Penyebab utama kenapa kita bisa kehilangan konsentrasi adalah perut kosong. Kecenderungan malas untuk beraktifitas semakin besar bila kita belum mengisi perut alias makan. Begitu pula bila saat menjalankan rukun islam ketiga, puasa. Maka masalah klasik yang muncul adalah malas-malasan sebab konsentrasi berkurang. Ditambah lagi dengan masalah-masalah lain, semisal mengantuk, badan terasa lemas, dan haus yang sangat.

Awal puasa yang insya Allah tepat di akhir pekan, hari Sabtu, kemudian esok harinya berpuasa masih suasana libur. Berpuasa hari Sabtu dan Minggu di rumah bisa dijadikan modal agar tetap bersemangat menjalankan puasa di hari kerja. Hal ini merupakan modal awal dalam bekerja untuk tetap semangat dan mampu menjaga produktivitas di kantor.

Sering kita melihat iklan-iklan di televisi, menawarkan suplemen yang menjanjikan agar tubuh terjaga, tetap bugar, dan kuat selama berpuasa. Padahal rahasia supaya tubuh tetap bugar sangat sederhana.

Pertama, jangan coba-coba tidak makan di waktu sahur. Seberat apapun supaya diusahakan untuk tetap sahur, karena asupan saat sahur sangat penting, mampu menopang energi kita sepanjang hari. Cara praktisnya, lakukan makan sahur di penghujung waktu. Misalnya, satu jam sebelum imsyak. Tidak perlu repot-repot melakukan sahur pukul dua dini hari. Sebaiknya jangan tidur lagi setelah makan sahur. Bila kita tidur kembali selepas sahur justru akan menyebabkan tubuh semakin malas, dan akan membuat tubuh lemas sepanjang hari.

Selain masalah waktu, apa yang dimakan saat sahur juga perlu diperhatikan. Asupan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein plus makanan atau minuman tambahan yang berkalori tinggi, misalnya madu, kurma, susu. Itulah yang harus sering dikonsumsi. Yang tidak boleh lupa adalah meminum air putih yang banyak. Dan saat berbuka jangan meminum air dingin dan berbukalah dengan memakan buah-buahan.

Tips lain yang penting dilakukan saat menjalani hari-hari di bulan puasa adalah berolahraga. Dengan berolahraga saat berpuasa justru membuat tubuh tetap fit. Sebab aktifitas fisik melalui olahraga sangat perlu guna menjaga peredaran darah agar tetap lancar. Peredaran darah yang tidak lancarlah yang membuat tubuh selalu loyo. Pilihlah olahraga yang ringan, yang tidak terlalu menguras energi. Ambil contoh, lari-lari ditempat atau berjalan kaki selama 10 sampai 15 menit.

Untuk di malam hari, boleh juga berolahraga. Lakukan sesudah berbuka puasa. Sebaiknya, lakukan setelah shalat taraweh atau selang sejam dari berbuka. Setelah kita memerhatikan beberapa tips di atas, semoga kesehatan dapat terus dijaga dan selalu semangat. Tidak lagi bersikap malas-malasan selama berpuasa.

Tak bisa dijadikan alasan bahwa puasa untuk bermalas-malasan di tempat kerja. Tidak baik, dengan berdalih ibadah, malah kita menomorduakan pekerjaan rutin kantor yang sudah menjadi tanggung jawab kita. Demikian Tips (Rahasia) Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa. Semoga bermanfaat. Selamat berpuasa… []