Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Andrea Hirata Mantan Karyawan PT Telkom

Siapa yang tidak mengenal Andrea Hirata? Sangat diyakini pembaca tahu dong ... Andrea Hirata adalah penulis novel Negeri Laskar Pelangi. Lewat novel tersebutlah namanya kian melambung sebagai penulis novel berkelas.

Tapi tahukah Pembaca bahwasannya Andrea Hirata pernah lama bekerja di Bandung? Saya baru tahu! Hehehe ... Menurut Koran Kuring, koran digital berformat jpeg yang dikirimkan via email ke Blogdangkal, menjelaskan; Andrea Hirata pernah lama tinggal di Bandung bahkan hingga kini masih menyimpan KTP sebagai penduduk Bandung. Di Bandung, Andrea Hirata bekerja sebagai karyawan PT Telkom.

Andrea Hirata Mantan Karyawan PT Telkom

Andrea Hirata Mantan Karyawan PT Telkom — Saking lamanya tinggal di Bandung, banyak yang bertanya, “Apakah Anda tertarik untuk membuat novel dengan latar belakang Bandung?” Andrea Hirata menjawab, “Saya merasa tertantang sekali untuk membuat cerita yang berlatar belakang budaya-budaya daerah lain, termasuk Bandung.”

Selama ini novelnya masih terus-menerus bercerita tentang tanah kelahirannya, Belitung. Sehingga daerahnya dikenal dengan sebutan “Negeri Laskar Pelangi”. Dan sudah tercipta 6 (enam) novel berlatar belakang tempat kelahirannya itu.

Tips yang membuat Andrea Hirata senantiasa berhasil menyempurnakan karya-karya novelnya adalah riset. Andrea Hirata yang memiliki gelar sarjana ekonomi ini tidak pernah melupakan riset untuk kekuatan novelnya. Novel fenomenal beliau, Laskar Pelangi memerlukan waktu 4 (empat) tahun lamanya untuk riset dan 3 (tiga) bulan saja untuk menuliskannya menjadi sebuah novel.

Tentang maraknya pembajakan karya cipta novel buah pemikirannya, Andrea Hirata merasa sangat kecewa. Bisa dibayangkan, cukup dengan waktu tiga hari saja agar novel palsunya bisa menyebar di berbagai tempat di Indonesia.

Namun beliau pun menilai positif tindakan negatif oknum pembajak, “Apresiasi masyarakat terhadap karya saya sangat bagus. Hanya saja masyarakat salah berapresiasi, mereka lebih memilih membeli produksi bajakan....”

Okeh ... Saya baru tahu, ternyata Andrea Hirata mantan karyawan PT Telkom, #doh! [] foto