Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Sekilas tentang Britpop

Banyak di antara pembaca adetruna yang menggemari musik, termasuk aliran Britpop, bukan? Musik pop ini dimainkan oleh musisi yang berasal dari British alias orang-orang daratan Inggris dengan ciri bermusik yang khas. Oleh karenanya berbagai kalangan menggolongkannya dengan istilah musik Britpop.

Pentolan band-band Inggris yang kental dengan Britpop banyak banget. Sepengetahuanku sejak pertengahan tahun 1980-an, sudah ada band Manic Street Preacher. Waktu itu singel yang sering diputar di radio -kala itu radio yang bermain dijalur FM sangat jarang sekali- "Sleepflower" ...

Kemudian trend britpop semakin menjamur, khususnya di Bandung pada pertengahan 1990-an, band Blur yang dikomandoi oleh Damon Albarn mendominasi chart tangga lagu Britpop. Taklama setelahnya muncul beberapa band yang silih berganti muncul dengan singel-singel andalannya. Tentunya pembaca adetruna masih ingat... Bagaimana Oasis dengan penuh warna menampilkan lagu andalan, "Champagne Supernova".

Band lokal Bandung yang sangat kuat dengan karakter britpop dan eksis hingga kini adalah Pure Saturday (PS). Hingga lagu-lagu PS sering diaransir ulang, salah satunya lagu 'Kosong' yang dibawakan oleh Olla Zen.

Di antara ketenaran Oasis, di tengah-tengahnya terdapat banyak band Inggris yang boleh dibilang pionir British Pop, sebut saja; The Charlatans, Stone Roses, kemudian saling bersusulan Pulp, Supergrass, Suede, hingga Elastica. Kesemua band tersebut dalam bermusik tidak lepas dari pengaruh berkesenian yang ditampilkan oleh The Smiths. The Smiths yang bermusik sejak tahun 1982, telah memberikan pengaruh yang sangat kuat hampir pada seluruh band asal Inggris hingga akhirnya kedua pentolannya; Morrissey dan Johnny Marr lebih memilih untuk membubarkan The Smiths pada 1987.
Awal Mula Istilah Britpop

Pada 1990, di Inggris terdapat sebuah sebuah sejarah pergerakan musik. Sejarah ini tidak dilepas berlalu begitu saja. Sebuah stasiun TV Inggris, "BBC Four" berupaya mengemas menjadi sebuah acara televisi. BBC Four untuk pertama kalinya pada Agustus 2005 menayangkan sebuah program musik dokumenter yang diberi nama "The Britpop Story". Sebagai nara sumbernya, dihadirkan Graham Coxon, gitaris band Blur, Justine Frischmann, vokalis wanita band Elastica, dan Alan Mcgee dari band Sleeper. Sejak saat itu, istilah 'Britpop' menyeruak ke seluruh penjuru dunia.