Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

AdamYauch Melawan Kanker Sejak 2009

Berita duka Adam Yauch pertama kalinya disiarkan oleh jurnalis The times, Jon Pareles. Silakan kalau mau membacanya klik saja, di sini. Kemudian ibunya, Frances Yauch mempertegas obituari tersebut dengan mengumumkan bahwa anaknya meninggal sebab kanker di usia 47 tahun.

adam yauch

Adam Yauch, yang mashyur dengan panggilan MCA, telah berjuang melawan kanker sejak 2009. Dengan ditemukan tumor pada kelenjar ludahnya. Saat penobatan Beastie Boys pada Rock and Roll Hall of Fame, April 2012 yang lalu pun MCA tidak bisa menyertai kedua rekannya, Mike Diamond atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mike D, serta Adam Horovitz yang dikenal dengan sebutan Ad-Rock. Dan sebab sakitnya tersebut rilisan album, “Hot Sauce Committee, Pt. 2.” otomatis tertunda.

1970, MCA menggagas sebuah band punk hardcore di New York, Beastie Boys. Hingga akhirnya ketiga pentolan band ini melakukan eksperimen dengan mengkombinasikannya dengan cara nge-rap. Sampai-sampai aliran musik a la Beastie Boys populer hampir lebih dari seperempat abad hingga sekarang, takheran Beastie Boys menjadi grup rapper kulit putih pertama yang sukses di jalur musik hip-hop.

Puncak yang paling fenomenal dari kiprah musik hip-hop band yang berangkat dari 'keluarga berada' ini adalah saat meracik album yang benar-benar full hip-hip, "Licensed to Ill". Album ini langsung mendobrak chart musik dunia dengan beberapa singelnya, semisal “(You Gotta) Fight for Your Right (to Party)” dan “Brass Monkey.” Dan selanjutnya, tahun demi tahun Beastie Boys menelurkan singel-singel yang juga menorehkan prestasi yang mampu nongkrong lama di chart lagu-lagu dunia. Contohnya, 1989 dengan singel “Paul’s Boutique,” lalu 1992 dengan singel “Check Your Head” juga 1994 dengan “Ill Communication.”

Yauch (diucapkan YOWK), adalah seorang pemeluk Buddhis sejak dirinya terlibat dalam gerakan Free Tibet dan beberapa pagelaran konser terorganisir di akhir 1990-an. Saat itu Yauch Cs. memulai sebuah label rekaman indie dengan label bernama Grand Royal. Label ini tidak saja memproduksi musik namun termasuk film. Dengan menggunakan pseudonym Nathanial Hörnblowér, Yauch banyak berperan sebagai sutradara dari video musik Beastie Boys semenjak 2006.

Kini, perjuangan Adam Yauch melawan kanker sudah usai. Mengingat nama Adam Yauch dan juga Beastie Boys - duluuuu banget (1995) saya memiliki kenangan. Saya nge-bela-belain datang ke ibukota guna mengejar sebuah konser. Karena yang tampil adalah Beastie Boys bersama Foo Fighter dan Sonic Youth ketiga band ini menggelar Alternative Nations yang disponsori MTV. Saya anak kuliahan semester 2 saat itu ...