Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Nasi dan Diabetes

Kembali menguat informasi seputar mengonsumsi nasi mengakibatkan diabetes. Dilansir dari rubrik Kilas Iptek, Kompas - Mengonsumsi nasi putih dengan porsi 3 hingga 4 piring sehari berpeluang mengidap diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang hanya makan 1 hingga 2 piring per harinya.



Nasi dan Diabetes - Semakin banyak nasi dimakan maka semakin besar seseorang mengidap diabetes tipe 2. Menurut penelitian, diperkirakan resiko diabetes meningkat hingga 11% jika masing-masing meningkatkan konsumsi nasi setiap hari.

Peneliti dari Harvard of Public Health di Boston melihat 4 studi sebelumnya yang menguji hubungan antara mengonsumsi nasi dan diabetes tipe 2; 2 dilakukan di negara-negara Asia, yaitu di Cina dan Jepang) dan 2 yang lain dilakukan di negara Barat, yaitu di Amerika Serikat dan Australia.

Penelitian bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan mengonsumsi nasi dengan perkembangan diabetes yang lebih kuat di Asia yang cenderung lebih banyak mengonsumsi nasi daripada orang-orang Barat.

Dalam penelitian tersebut menghasilkan yang dilakukan selama 22 tahun dengan melibatkan 352.000 peserta pada awalnya tidak ada seorangpun yang mengidap diabetes. Namun, setelah penelitian berakhir - diketahui ada sekira 13.248 orang yang terkena penyakit diabetes. Dan penderita cenderung terjadi di Asia pada kebanyakan kalangan wanita.

Menurut penelitian (data harvard), nasi memiliki indeks glycemic 61, jus jeruk 50. Penelitian sebelumnya yang terkait dengan makanan menemukan bahwa banyak makanan dengan indeks glycemic tinggi terkait dengan peningkatan resiko diabetes 2.

Waduh, blogdangkal jadi ngeri... Sehari makan kadang-kadang nambah hingga 3 sampai 4 piring. Tapi itu tadi, pembaca tahu sendiri kan? Orang yang makan nasi hingga 3 - 4 piring dilakukan oleh kalangan wanita :D

Semoga berita tentang, "Nasi dan Diabetes" ini bisa menjadi pelajaran, ada yang lebih penting, yaitu pembaca dianjurkan rajin berolahraga, makan teratur dan banyak berdoa pada-Nya supaya tetap diberikan kesehatan, amin ... | foto