Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Berani Menerima Tantangan

Siapa diantara pembaca yang mengalami seperti saya? Begini awalnya ...
Secara tiba-tiba idBlognetwork mengirimi saya email, isinya mohon dicarikan tempat yang bisa menampung sekitar 50 orang blogger serta komunitas di Bandung yang bakal meramaikan acara #XLaluBerbagi.

hati-hati tantangan
Dalam kondisi takterduga, saya mengiyakan pertanda saya Berani Menerima Tantangan serta siap mencari tempat yang diharapkan bisa mengakomodir keinginan idBlognetwork tersebut. "Tugas, ini adalah tugas..." Itu yang saya katakan dalam hati tidak ada yang lain. Langsung benak saya menerawang dan taklama, keluarlah bayangan-bayangan relasi dan jaringan yang sekiranya mampu menjawab tugas baruku ini.

Kalau di dalam film yang berbau misi atau tugas, pembaca tentu sudah bisa membayangkan. Contoh, dalam The A Team. Bagaimana tokoh Hannibal mengingat-ingat partner yang bisa membantu melaksanakan misinya ...

Saya pun demikian, saya langsung mengingat beberapa teman-teman yang selama ini pernah menjalin kerjasama. Saya ingat si A, si B, si C yang sangat saya percaya, mereka bakalan membantu mencari solusi tugas yang saya emban.

Hari demi hari berlalu - tentunya saya harus melaporkan perkembangan dari acara #XlaluBerbagi yang akan digelar. Mulai deh... Satu per satu dipertanyakan, bagaimana tempat sudahkah ditemukan? Bagaimana dengan pesertanya sudahkah disosialisasikan? Bagaimana dengan menu makanan dan coffee break yang harus dihidangkan saat acara berlangsung? Adakah tempat menginap untuk panitia pusat yang dekat dengan lokasi acara? Bila ada - tolong carikan ...

Sampailah pada saatnya semua pertanyaan bisa dijawab, tempat acara, makanan, peserta, hingga tempat menginap panitia semua beres dan lancar. Hingga pada hari H acara, #XLaluBerbagi berlangsung dengan jumlah peserta yang 90% sesuai harapan. Blogger dan komunitas online yang diundang begitu antusias mengikuti acara #XlaluBerbagi. Hingga acara #XLaluBerbagi pun usai.

Pembaca, saya sempat campuraduk, antara bahagia dan terharu sendiri. Beberapa rekan menghampiri mengucapkan selamat sebab acara berlangsung sukses. Mereka begitu memberikan perhatian yang seakan-akan acara #XLaluBerbagi bisa sukses sebab saya yang mengurusnya. Padahal - ketahuilah, bila tidak ada tim yang bekerja sama - kompak, takmungkin acara akan berlangsung kemudian sukses.

Saya coba merenung, sesekali - kesimpulannya diperlukan keberanian untuk mendapatkan kepercayaan. Begitu juga dengan idBlognetwork, yang sepenuhnya memberikan kepercayaan kepada saya, dari awal hingga acara #XLaluBerbagi usai.

Cerita kali ini pun intisarinya adalah masalah kepercayaan. Kepercayaan, bila dijalankan dengan maksimal dan tidak disalahgunakan, dijamin akan bernilai positif. Takusah membicarakan feedback, reward, imbalan dan sejenisnya.

Yang menggembirakan dari kepercayaan, setelah seseorang atau institusi memercayai kepada kita -tunggu saja- kesempatan lain akan terbuka dengan lebar... Ini bukan pendapat saya, ini saya peroleh dari artikel tentang kepercayaan yang saya baca.

Sadarilah sejak pertama diberikan kepercayaan akan banyak rintangan yang harus dihadapi. Untuk itu siapkan energi untuk berjuang melewati fase rintangan ini, bentuknya bisa moril dan materil. Setelah fase rintangan terlewati, akan berbuah nilai positif berupa rasa percaya yang tambah lama tambah besar dari orang lain buat diri kita. Ini pun dari artikel yang saya baca, bukan kata-kata saya ...

Dari acara #XLaluBerbagi persembahan XL Axiata dan idBlognetwork kemarin berkesan lain, saya bisa lebih mengenal lebih dekat dengan mereka yang menjadi perwakilan ke Bandung untuk menggelar event #XLaluBerbagi tersebut. Kita bisa makan siang bareng dan juga bercerita. Mengesankan ... | foto