Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Beberapa Jenis Mobile Advertising

Mobile advertising adalah layanan iklan yang menggunakan media handphone dan tablet yang tidak bisa dipisahkan bagi manusia alias user untuk saat ini. Menjalankan mobile advertising, relatif mudah bahkan terbilang interaktif. FYI, pengguna gadget saat ini mencapai 4,6 miliar sedunia dan pengguna internet mencapai 1,9 miliar.

Beberapa Jenis Mobile Advertising Rupanya, berdasarkan catatan wikipedia - animo mobile advertising di Indonesia belum tergarap dengan baik. Dan sudah semestinya bisnis mobile advetising menjadi lahan yang sangat potensial yang perlu direspon dengan segera oleh advertiser di Indonesia. Penyedia layanan dan mobile content advertising masih ragu-ragu untuk menanamkan modalnya di dunia mobile advertising dan masih sangat percaya dengan iklan konvensional seperti televisi.

Beberapa model mobile advertising, antara lain; SMS, MMS, Banner Ads, Mobile Video Ads, Mobile Games Ads, dan Jingle before Voice Mail.

SMS - SMS merupakan salah satu mobile advertising yang sangat mudah dilakukan, namun masyarakat mulai mengabaikan dan menganggapnya spamming. SMS bisa sangat efektif dan efisien penggunaannya apabila dikirim ke orang yang tepat. Namun iklan SMS memiliki kekurangan, yaitu tidak interaktif karena hanya berisi tulisan-tulisan. Hingga sekarang, masih banyak para pengiklan menggunakan software pengirim SMS massal untuk penghematan biaya sekaligus memperbanyak kuantitas.

MMS - MMS memiliki tampilan yang lebih atraktif, pengiklan mulai menggunakan gambar, gambar bergerak, hingga video. Tentunya masyarakat lebih tertarik untuk melihatnya.

Banner Ads - Apabila kita mencoba untuk membuka situs internet via handphone, advertising banner seringkali muncul di atas ataupun di bawah layar handphone. Banner tersebut memiliki link yang mengarahkan ke website pengiklan.

Mobile Video Ads - Dengan menggunakan situs video, iklan dibagikan alias sharing. Semua ini bisa diakses di handphone atau tablet, iklannya bisa berupa tampilan dengan menggunakan youtube. Semakin tinggi rating video, maka harga yang dipatok semakin mahal, hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang telah menonton video tersebut. Bentuk lain dari mobile video ads adalah mengunggah iklan langsung ke media video sharing.

Mobile Games Ads - Permainan atau games dalam handphone merupakan elemen hiburan yang tidak terpisahkan. Masyarakat yang memiliki banyak kesibukan senantiasa menginginkan sebuah hiburan kecil untuk menyegarkan pikirannya. Sebagai 'pelariannya' biasanya memainkan Mobile games ads. Mobile games ads bekerjasama dengan pengiklan, pengiklan memberikan modal dengan kontraprestasi tertentu, semisal memasang logo perusahaan di dalam permainan.

Contoh Iklan Video versi IBN
Jinggle before Voice Mail - Artinya, penyedia layanan iklan memanfaatkan layanan voice mail menjadi media beriklan. Jinggle yang berisi iklan di play saat layanan voice mail digunakan beberapa detik sebelum kita dapat merekam pesan.

Beberapa Jenis Mobile Advertising — Advertiser terbesar di Indonesia, IdBlognetwork, belum lama ini menggulirkan program iklan berformat video, untuk salah satu klien-nya. Blogdangkal tidak tahu secara pasti apakah pengguna handphone bisa menikmati tayangan video ads versi IBN ataukah tidak? | wikipedia | foto