Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

GeekFest: Bentuk Kreatifitas Anak Negeri

Fowab bersama-sama dengan Kibar Kreasi akan menyelenggarakan sebuah event yang diberi nama “GeekFest: Celebrate the New Rock Stars!”. Hal tersebut diungkapkan oleh pihak terkait pada sebuah konferensi pers yang diadakan di SAE Institute, fX Senayan, Jakarta. 

GeekFest: Bentuk Kreatifitas Anak Negeri  — GeekFest merupakan sebuah festival yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Rencananya, event akan dikemas dengan cara mengkombinasikan antara musik, film, game, dan multimedia menjadi satu kesatuan utuh dalam sebuah wadah teknologi.

Acara GeekFest terdiri dari pertunjukan, seminar, talk show, dan pameran juga takketinggalan akan ada sajian hiburan dengan pengalaman yang berbeda. Festival akan digulirkan pada tanggal 31 Maret – 1 April 2012 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat.

Tujuan diadakannya GeekFest adalah untuk mengangkat karya kreativitas anak muda Indonesia yang berkaitan dengan teknologi, juga yang dimiliki sejumlah artis serta penggiat teknologi dan digital dari berbagai komunitas di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

Bentuk kolaborasi lintas genre, campuran dari musik, film, multimedia, dan teknologi adalah konsep yang akan diusung oleh GeekFest. Panggung GeekFest akan diramaikan oleh banyak sekali insan kreatif, di antaranya Jogja Hiphop Foundation, Bottlesmoker, Windyasari, Openlabs, Hellomotion, Saung Angklung Udjo, Hebring (Main Studios), Pet Shop Box, Homogenic, Ableton Live Indonesia User Group, Trah Project, Kepompong Gendut, Jogjaforce, iPhonesia, Movieholic, Riset Indie, Photon Project dan Midi Data.

“GeekFest merupakan ajang yang berkomitmen mendukung talenta-talenta muda negeri untuk tampil mengibarkan Indonesia di pentas dunia. Sekaranglah saatnya anak muda Indonesia menciptakan kreasi asli nusantara. Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia bukan hanya terkenal sebagai “pabrik” dari perusahaan terkenal di luar negeri, tapi kita juga bisa membuat produk sendiri yang bisa mengharumkan nama Indonesia,” — Yansen Kamto (CEO Kibar Kreasi)

Ajang ini juga bertujuan memberikan pemahaman kepada publik untuk mengapreasiasi para pelaku yang selama ini bersembunyi di belakang layar. Di GeekFest insan kreatif yang selama ini tidak nampak akan tampil di depan dengan kreasi yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, GeekFest juga akan menampilkan bakat anak muda Indonesia yang sesungguhnya di industri kreatif. Itulah filosofi dari "New Rock Star" yang dimaksud tersebut sebelumnya.

“Melalui GeekFest, kami ingin memperlihatkan bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di bidang industri kreatif. Sudah sangat banyak karya anak bangsa yang sukses di tingkat dunia, tapi belum begitu terdengar gaungnya. Padahal mereka inilah rock star yang sesungguhnya, yaitu yang menciptakan karya kreatif dengan level internasional.”Yohan Totting (inisiator Fowab)

Hal lain yang juga akan diketengahkan dalam event GeekFest adalah menampilkan sesi tanya jawab dengan para pengisi acara mengenai proses pengolahan ide hingga produksi karya yang sudah ditampilkan, sehingga para pengunjung memiliki pemahaman dan apresiasi lebih kepada para kreator ini. Festival yang menargetkan 5 ribu pengunjung selama dua hari ini juga semakin meriah dengan pameran yang menghadirkan pengalaman digital kepada para pengunjung.

Tentang Fowab

FOWAB (Forum Web Anak Bandung) merupakan komunitas kreatif yang terhubung melalui internet yang diinisiasi oleh 6 studio kreatif di Bandung yaitu iCreativelabs, Chocaholic, Gagas Imaji, RaveWarrior, Galenic dan ThinkRooms. FOWAB mencoba untuk menyatukan para pelaku industri kreatif yang dalam kegiatannya tidak bisa lepas dari internet. Bersama-sama dengan teman-teman dari komunitas kreatif lainnya FOWAB mencoba untuk membangun industri kreatif.

Tentang Kibar Kreasi

Kibar Kreasi adalah perusahaan konsultan yang membantu klien global maupun lokal untuk membangun, memasarkan dan mengembangkan produk industri digital. Kibar Kreasi juga bekerjasama secara aktif dengan para penggiat industri dalam misi mempercepat pertumbuhan talenta dan kemajuan ekosistem industri digital di Indonesia. | Sumber