Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

7 Hal Menjaga Kondisi Kesehatan Tulang Punggung

Berikut ini blogdangkal akan mencoba menyajikan beberapa tips untuk menjaga kondisi kesehatan tulang punggung. Terutama menjaga beberapa bagian tubuh agar terhindar dari beragam gangguan.

7 Hal Menjaga Kondisi Kesehatan Tulang Punggung:
» Posisi saat menurunkan barang atau mengangkat barang. Jangan pernah membungkukkan badan. Seringnya orang membungkukkan badan saat mengangkat dan menurunkan barang. Hal inilah yang sangat membebani tulang punggung dan berpotensi menimbulkan nyeri jika barang yang diangkat bebannya berat.

» Usahakan tulang belakang tetap lurus saat mengangkat barang. Prakteknya, tekuk kaki untuk menyejajarkan diri dengan barang yang akan diangkat kemudian angkatlah barang perlahan-lahan. Hal ini untuk menghindari rasa nyeri dan gangguan tulang belakang. Cara ini juga berlaku saat menurunkan barang.

» Usahakan sering mengubah posisi duduk atau lakukanlah peregangan sesekali. Saat terbiasa duduk dengan waktu yang lama atau ketika bekerja depan komputer, duduklah dengan posisi tegak dan aturlah jarak nyaman antara lengan dengan komputer atau notebook.

» Gunakanlah alas kaki atau sepatu yang nyaman dan sebaiknya tidak menggunakan sepatu berhak tinggi dalam waktu lama. Berjalan pun usahakanlah tegak dengan bagian punggun diluruskan dan pandangan mata menatap ke depan.

» Apabila anda pengendara roda empat, duduklah dalam posisi tegak, atur jarak jok dengan kemudi sedekat mungkin dengan tidak melupakan unsur kenyamanan. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisir tekanan pada tulang punggung saat menginjak pedal gas, rem dan kopling.

» Alternatif lain untuk memberikan kenyamanan punggung saat duduk adalah dengan menyokong/mengganjal punggung dengan bantal.

» Yang terakhir jagalah kondisi tulang punggung dengan mengistirahatkan mata alias tidur. Sangat direkomendasikan tidur menggunakan kasur yang tidak terlalu empuk. Gunakanlah kasur yang agak keras. Hal ini guna menghindari tulang punggung agar tidak melengkung yang bila dibiarkan, lama-lama bisa mengakibatkan nyeri.

Demikian saja artikel tentang, 7 Hal Menjaga Kondisi Kesehatan Tulang Punggung” yang saya petik dari Klasika, suplemen dari harian Kompas yang terbit beberapa hari yang lalu.

Sekali lagi, kondisi tulang punggung yang baik akan mampu mendukung aktivitas keseharian secara maksimal. Untuk itu jagalah kesehatan, termasuk kondisi tulang punggung. Stay fit your backbone! [] foto