Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

3 Hal Penting Menghias Dinding Rumah

Setiap rumah yang dindingnya tanpa hiasan akan senantiasa terlihat hampa. Untuk membuat dinding nampak menarik, sudah barang tentu dindingnya dihiasi. Umumnya orang menghiasi dinding dengan beragam cara, ada yang memasang lukisan, foto keluarga, kalender, atau jam dinding.

3 Hal Penting Menghias Dinding Rumah

3 Hal Penting Menghias Dinding Rumah — Namun penataan menghiasi dinding yang kurang baik akan mengurangi nilai estika interior rumah. Untuk itu ada 3 hal penting yang harus diperhatikan saat menghiasi dinding rumah kita.

Pertama, mengatur tata letak pemasangan.
Semua ruangan memiliki potensi untuk dihiasi dindingnya. Tinggal kemampuan pemilik rumah untuk memadupadankan antara hiasan dinding dengan interior dan karakteristik ruangan yang hendak dipercantik. Sebagai contoh, hindarilah pemasangan yang berbahan kain di dapur karena akan cepat rusak terkena imbas panas dan uap.

Selaraskan pula hiasan dengan fungsi ruangan. Misalnya foto keluarga, letakkan seperti kebiasaan, di ruang tamu atau ruang keluarga. Lukisan dengan tema makanan bisa diletakkan di ruangan tempat makan atau di dapur. Anak kita biasanya senang menggambar, manfaatkanlah hasil gambarnya menghiasi ruang tempat tidur sang buah hati. Bentuk apresiasi seperti ini, selain ruangan semakin cantik juga sebagai bentuk apresiasi orangtua terhadap karya anaknya dan tentunya emosi si anak akan senang.

Kedua, manfaatkan figura. Lukisan atau foto seindah apapun kenangannya atau keindahannya akan berkurang nilai estetikanya apabila tidak diberi frame atau bingkai yang menarik. Itulah sebabnya, manfaatkan figura, jangan pernah menyepelekan figura. Selain itu, posisi dan komposisi penempatan figura perlu pengaturan. Untuk tingginya, letakan figura dengan tinggi 1,5 - 1,7 meter dari permukaan lantai dan diberi jarak 25 - 30 sentimeter dari furnitur saat memasang figura.


3 Hal Penting Menghias Dinding Rumah — Dan jangan lupa untuk menyesuaikan besarnya hiasan dengan luas dinding yang tersedia. Manfaatkan dinding yang besar dengan menyusun hiasan yang memiliki keselarasan tema dalam formasi berkelompok sehingga berkesan tematis.

Ketiga, perawatan. Sama halnya dengan furnitur yang lain hiasan dinding pun perlu dirawat agar tahan lama. Gunakan pembersih berbahan kayu dan kain yang lembut untuk membersihkan figura kayu. Sedangkan untuk membersihkan figura berbahan logam berwarna emas atau perak, bisa menggunakan pembersih kaca. Bersihkan figura dengan periode per 3 - 5 tahun sekali.

Itu saja “3 Hal Penting Menghias Dinding Rumah”, yang patut dipetimbangkan untuk memperindah rumah kita. Sehingga bisa membuat estetika interior rumah menjadi lebih bernilai. Home sweet home, everyone! [klasika] foto