Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

5 (Lima) Hal Penyebab Takmampu Berbahasa Inggris

Bahasa adalah alat komunikasi guna menyampaikan pesan dari satu orang ke orang lain. Manfaat dari menguasai beragam bahasa adalah memiliki banyak sekali informasi akan ilmu pengetahuan.

Dari sekian banyak bahasa yang paling mendunia adalah bahasa Inggris, yang apabila dikuasai bisa menjadi skill bagi diri dan sebagai sebuah profesi.

Berbahasa Inggris
source

5 (Lima) Hal Penyebab Takmampu Berbahasa Inggris — Penggunaan bahasa Inggris sebenarnya banyak ditemukan dimana saja, termasuk bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknologi. Bagi masyarakat yang berprofesi di bidang komputer, gadget, editorial, website akan seringkali menjumpai bahkan hampir semua istilah yang dijumpai berbahasa Inggris. Seputar komputer, misalnya... Mulai dari Menu, Start, Explorer, Delete, Copy, Paste, Export, Import, Share, Window, Cascade, dan banyak lagi, semua itu bahasa Inggris.

Namun, meskipun sudah terbiasa menjumpai bahasa Inggris dalaam keseharian tetap saja tidak membuat kita menjadi mahir berbahasa Inggris. Kita tetap saja kaku menggunakannya secara lisan. Termasuk Adetruna! Wkwkwk :P

5 (Lima) Hal Penyebab Takmampu Berbahasa Inggris — Berikut hasil pengamatan Prim, seorang pengajar dari Pekanbaru-Riau, yang beliau tulis pada Kompasiana beberapa waktu yang lalu. Dalam tulisannya beliau menyebutkan ada lima hal yang menjadi penyebab ketidakmampuan bagi sebagian orang untuk berbahasa Inggris, meskipun sudah belajar di bangku sekolah bertahun-tahun.

1. Tidak adanya dukungan dari lingkungan. Karena lingkungan tempat kita bergaul tidak menggunakan bahasa Inggris -otomatis- kitapun tidak mau menggunakan bahasa Inggris. Padahal dalam hati bisa saja kita ingin mengembang potensi kita berbahasa Inggris.

2. Takut dicemooh. Saat semangat ber-cas-cis-cus menggunakan bahasa Inggris ... Tiba-tiba saja kita dibrondong dengan cemoohan, komentar miring, sebab bahasa Inggris yang digunakan tidak baik dan benar. Ini menjadi sebuah 'horor' bagi mereka yang ingin 'bersuara' dalam bahasa Inggris ketika bergaul. Untuk itu hilangkanlah rasa takut!

3. Mentalitas. Mental orang itu berbeda-beda, jelas saja! Ada yang pemberani, ada yang penakut, ada yang percaya diri, ada yang gengsi dan malu-malu. Begitupun dengan berbahasa lisan menggunakan bahasa Inggris. Bagi yang percaya diri penuh tentu saja tidak peduli bahasa Inggrisnya blepotan, " ... Ah yang penting hajar saja!" Tapi -yang kasihan- bagi mereka yang malu-malu, tentu saja tidak akan pernah terukur dan terasah kemampuan berbahasa Inggrisnya.

4. Takada mitra. Tidak adanya lawan bicara dalam berbahasa Inggris menjadi kendala tidak berkembangnya kemampuan ber-Speaking English. Bisa saja kita penuh semangat dalam berbahasa Inggris, tetapi bila takada dukungan dari teman-teman, paling tidak satu orang saja ada yang mau diajak berkomunikasi berbahasa Inggris itu sudah sangat baik ... Karena peluang saling mengasah kemampuan berbahasa Inggris akan semakin tajam.

5. Rasa malas. Malas adalah suatu sifat yang sering dimiliki seseorang dan sulit diobatinya. Untuk itu buang jauh-jauh rasa malas dalam belajar bahasa Inggris. Ingat, bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Banyak sekali istilah dan bahasanya digunakan dalam berbagai bidang termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka untuk menghilangkan rasa malas, segeralah tanamkan dalam diri bahwa, "Bahasa Inggris itu penting! Aku harus mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, titik!"

Mengutip kalimatnya bung Prim (saya sebut bung saja, nggak apa-apa, insya Allah..), “Let’s go to learn english. don’t be afraid to speak english salah-salah dikit gak apa-apa. Enjoy aja… yang penting terus memperbaiki our english. Ok…!!! Because no body perfect……!!!!” 

Itu saja yang saya kutip dari artikelnya bung Prim, “5 (Lima) Hal Penyebab Takmampu Berbahasa Inggris” Mudah-mudahan memotivasi semua pembaca...[Sumber]