Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Perhatikan Sistem Pendingin Mobil Anda

Perhatikan Sistem Pendingin Mobil Anda — Setelah beberapa waktu lalu, adetruna mengetengahkan artikel berkaitan dengan kendaraan, baca: “Aki (Accu) Perlu Diperhatikan”. Kali inipun menyajikan artikel yang berkaitan dengan kendaraan.

Pemilik kendaraan bermotor, khususnya roda empat - perlu meluangkan waktu untuk melakukan perawatan kendaraannya. Beberapa bagian yang biasanya perlu perawatan, antara lain; eksterior, interior, mesin. Dan yang takboleh ketinggalan adalah sistem pendingin.

Bila pemilik lalai memerhatikan sistem pendingin maka akan mengakibatkan overheating.


Untuk itu “Perhatikanlah Sistem Pendingin Mobil Anda”. Dan berikut adalah Tips-nya:
1 » Bersihkan sarang radiator. Perhatikan sarang radiator, bila terkena debu, kotoran, atau batu kecil menempel segera dibersihkan menggunakan kompresor udara (air compressor). Perlu juga untuk meluruskan alur kisi radiator menggunakan mata obeng dengan perlahan-lahan. Tujuannya agar udara bisa mengalir dengan lancar.

2 » Pasang saluran pendingin dengan baik. Periksa semua saluran pendingin dan pastikan salurannya terpasang dengan baik. Bila ada kebocoran, lebih baik segera diganti dengan yang baru. Itu lebih baik daripada ditambal, kecuali sifatnya hanya sementara saja.

3 » Gunakan air bersih. Saat mengisi air radiator harus memakai air bersih, agar terhindar dari kotoran. Sebab bila menggunakan air yang kotor akan menimbulkan kerak akibat timbunannya yang mengumpul dalam container air radiator. Bila tidak diperhatikan akan menyumbat sistem pendingin. Bila perlu gunakanlah radiator coolant untuk mengoptimalkan sistem pendingin mampu bekerja dengan baik.

4 » Perhatikan fanbelt. Tali kipas atau fanbelt juga harus diperhatikan kondisinya. Bila fanbelt tidak terpasang dengan baik atau kendur, supaya cepat diganti atau betulkan pada posisi normal. Tali kipas yang terganggu akan menyebabkan radiator bekerja berat sebab takada bantuan kipas.

Perhatikan Sistem Pendingin Mobil Anda — Begitupun saat tali kipas nampak aus atau retak, sesegera mungkin ganti dengan yang terbaru. Jangan sampai tali kipas putus di tengah jalan.

5 » Cermati pompa air. Selanjutnya, perlu mencermati kapasitas pompa air. Sebab biasanya sudut kipas atau rumah pompa sudah terkikis oleh air, akibatnya debet air berkurang. Tidak ketinggalan untuk memeriksa thermostat, bila kotor dibersihkan atau bila perlu diganti saja.

6 » Periksalah tutup radiator. Bila karet tutup radiator sudah getas atau terlihat pecah-pecah sesegera mungkin untuk diganti.

Demikian tips “Perhatikan Sistem Pendingin Mobil Anda”. Mudah-mudahan menjadi informasi sharing yang bermanfaat. Hati-hati saat berkendaraan, gunakanlah sabuk pengaman ... [/art] sumber foto