Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Rencana Gmail Menggulirkan Inbox Baru

2010 Gmail sudah menambahkan menu Priority Inbox atau Kotak Prioritas. Hal ini telah sangat menyenangkan pengguna setia Gmail. Anda rasakan, bukan? Nah, sekarang, ada lagi kabar lain, Google mengumumkan bahwa pihaknya akan menggulirkan beberapa model kotak masuk baru atau Inbox. Dengan inbox gaya baru tersebut, pengguna bisa dengan mudah memilih metoda pengaturan (organizational) yang paling baik, yang paling disukai berkaitan dengan email yang menurut pengguna dianggap penting.



Gmail akan mencoba untuk memberikan berbagai gaya inbox pilihan yang cocok dengan penggunanya. Akan ada metoda pemilahan email; baik itu pengguna yang selalu mendapatkan kiriman email dengan jumlah email yang biasa saja, atau pengguna yang selalu mendapatkan banjir email kiriman yang bombastis padahal isinya berupa pesan yang tidak penting (Unimportant); atau pengguna yang selalu membaca emailnya sekali saja dan menandainya dengan bintang untuk dibaca kelak.

Menurut blog Gmail, taklama Gmail akan menyediakan beragam gaya tersebut. Nanti itu akan ada jenis inbox email yang berupa menu; Classic, Priority, Important First, Unread First dan Starred First. Berikut penjelasan untuk masing-masing gaya tersebut;
  • Classic, ini merupakan inbox standar (default) yang sudah sering pengguna gunakan selama ini. Pada kotak gaya Classic pesan diatur kronologisnya. Email terbaru akan berada paling atas secara otomatis.

  • Priority Inbox, model kotak email seperti ini, pesan penting dan pesan yang belum dibaca akan muncul di paling atas kotak pengguna, lalu pesan yang diberi bintang, selanjutnya pesan yang tidak ditandai sama sekali. Setiap bagian pesan bisa diatur (customized), sehingga pengguna bisa membuat kotak pesan dengan gaya sendiri-sendiri.

  • Important first, memilih model ini akan menempatkan pesan —baik yang sudah dibaca ataupun yang belum— diposisi paling atas. Sisanya dengan pilihan model yang lain akan berada di bawahnya.

  • Unread first, model ini simpel banget, pesan yang belum dibaca akan selalu berada di posisi paling atas, sisa model yang lain di bawahnya.

  • Starred first, inipun sama simpelnya, yang ditandai saja yang berada paling atas, sisanya berada di posisi paling bawah.


  • Bila bergulir kelak, maka tampilannya akan seperti ini:
    Inbox Gmail Baru

    Dalam seminggu model yang sudah pengguna pilih terus bertahan, selanjutnya akan berubah dan pengguna bisa kembali lagi untuk memilih model baru yang lain atau memperpanjang model yang sudah minggu lalu dipilih. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuka drop down menu yang ada di sebelah kanan nama model inbox, seperti gambar berikut;

    drpdown menu

    Bagaimana Gmailer sudah nggak sabar, ya? Kita tunggu saja kelanjutan realisasi Gmail dengan rencananya ini. []