Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Kulsoom Abdullah Kini Berhati Lega

Tahun lalu, awan mendung merundungi atlit angkat Besi asal Amerika Serikat, Kulsoom Abdullah. Takseperti sekarang, Kulsoom Abdulah berhati dengan lega ...

Pasalnya, meskipun sudah lolos kualifikasi turnamen angkat besi terbuka di Amerika Serikat kala itu -harus tereliminasi. Bukan lantaran kalah dalam bertanding, tetapi permasalahan kerudung yang senantiasa dikenakannya.

Alasannya, pakaian atlit yang biasa dipakai pengangkat besi itu merupakan pakaian sesuai standar yang disesuaikan dengan pengawasan menggunakan komputer. Bila mengenakan pakaian seperti yang dikenakan Kulsoom, maka akan memberikan penilaian yang kurang fair. Bisa saja pakaian panjangnya (gaun) akan mencegah juri untuk mellihat saat menilai sah tidaknya atlit saat lifting. Bisa saja terjadi penguncian (elbows locked).

Penganuliran ini memunculkan pro dan kontra di kalangan atlit, terutama atlit wanita lain yang sama-sama mengenakan pakaian a la islam (busana muslim). Sehingga perbincangan pun menjadi ramai di semua cabang olahraga wanita lainnya, seperti cabang sepakbola, renang, tinju, dan senam. Hingga akhirnya menjadi satu dilema di dalam hati si atlit, apakah memilih prinsip agamanya ataukah karirnya di bidang olahraga?

Belum lama inipun terjadi, tim sepakbola wanita Iran didiskualifikasi kemenangan untuk Olimpiade 2012 saat melawan Yordania lantaran tim mengenakan jilbab saat bertanding.

Jilbab melanggar aturan sebuah tim sepakbola tidak boleh menutup pakaian dan leher tidak baik dari segi keamanan.—seorang pejabat FIFA

Kulsoom Abdullah kini berhati lega, semenjak diperbolehkan oleh pengurus olahraga angkat besi, AS untuk mengenakan jilbabnya. Dan harus mengenakan unitard. Unitard adalah pakaian yang akan dikenakan oleh atlit muslimah angkat besi Amerika Serikat ini.

Burkuni dan Unitard adalah Pakaian Atlit Wanita
Berikut nama-nama pakaian yang kenakan oleh atlit muslim wanita:
» Burkuni = pakaian renang bagi wanita muslim, pakaian ini akan menutupi seluruh tubuh si pemakainya, kecuali tangan, wajah, dan kaki.

» Unitard = pakaian atlit angkat besi bagi wanita, gaun inipun akan menutupi tubuh si atlit, tanpa mencegah juri dalam melihat apakah angkatannya itu terkunci atau tidak.

Beberapa peristiwa berkaitan dengan pelarangan atlit wanita mengenakan Jilbab
» 2007, tim taekwondo asal Montreal, Kanada diusir dari turnamen lantaran mengenakan jilbab sebagai pelengkap pakaian beladirinya.
» 2009, petinju muslimah asal Amerika tercegah dari pertandingan sebab mengenakan pakaian menutupi tubuhnya; jelas hal ini menuai protes dari pihak-pihak muslim terkait olahraga ini, "Kami tidak mau eksklusif dan peraturan merugikan ini harus diperhitungkan ulang."

Kulsoom Abdullah kini berlatih dengan leluasa, seperti yang dilakukannya beberapa waktu yang lalu di pusat latihan, Crossfit di Atlanta, Amerika Serikat. Dan akan menjadi atlit wanita AS pertama yang bertanding di kejuaraan angkat besi nasional dengan tetap mengenakan jilbab.


Semoga saja, insinyur teknologi di Georgia, Atlanta yang bergelar Ph.D., Kulsoom Abdullah inipun bisa dirasakan oleh atlit muslimah cabang olahraga apapun di seluruh dunia. Amin ... [sumber]