Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Mesin Diesel Efisiensi dan Bertenaga

Mesin Diesel Efisiensi dan Bertenaga - Diesel adalah mesin yang bekerja dengan memicu kompresi. Mesin tersebut menggunakan panas tinggi yang dipicu kompresi untuk menyalakan bahan bakar, bukan dengan media lain semisal busi.

Mesin Diesel Efisiensi dan Bertenaga - Mesin diesel umum dipergunakan di Eropa dan terkenal sebagai, mesin yang efisien dan memiliki tenaga yang 'menjanjikan'. Hingga kini mesin-mesin industri berat dan beberapa kendaraan, seperti mobil - baik transportasi umum dan pribadi - masih banyak yang bermesin diesel.

Namun tingkat efisiensi yang mumpuni berbanding lurus dengan emisi gas buang, bau, dan jelaga yang lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan atau mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar bensin.

TAHUKAH ANDA? Seorang insinyur mesin dan penemu diesel bernama Rudolf Christian Karl Diesel. Karena pria yang berkebangsaan Jerman inilah yang kali pertama menemukan teknologi mesin yang mampu menghemat bahan bakar tanpa menggunakan bensin sehingga namanya dijadikan nama untuk mesin penemuannya tersebut.





Pada 23 Februari 1893, Rudolf Christian Karl Diesel memperoleh sertifikat hak paten atas temuan dan rancangan mesin tersebut. Pada 1912, terungkap dari Rudolf Christian Karl Diesel tentang cita-citanya pernah berujar, bahwa mesin diesel bisa menggunakan semua bahan bakar, termasuk minyak nabati.

"Saat ini (1912) mungkin minyak nabati takberguna sebagai bahan bakar. Tapi, suatu hari minyak nabati akan menjadi penting." - Rudolf Christian Karl Diesel

Pernyataan yang sangat brilian, mengingat untuk saat ini penggunaan minyak berbahan bakar fosil semakin langka saja. | foto