Mengulas informasi seputar bisnis dan gaya hidup.

Tips: Cleopatra dan Minyak Zaitun


sumber:klik gbr
Minyak olive dikenal juga dengan sebutan minyak zaitun. Minyak yang berasal dari pohon tradisional, zaitun atau Olea europaea. Minyak buah zaitun memiliki banyak sekali manfaat, antara lain; untuk memasak, kosmetik, obat-obatan dan sabun. Bahkan bisa dipakai sebagai bahan bakar lampu minyak. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak takjenuh yang tinggi kadarnya, sehingga dianggap sebagai minyak yang sehat. Kandungan utama dari minyak zaitun yaitu asam oleik dan polifenol.

Cleopatra Memakai Minyak Zaitun
Minyak zaitun sudah sejak lama digunakan sebagai bahan kosmetik alami. Menurut ceritanya, Cleopatra senantiasa menggunakan minyak zaitun sebagai kosmetik alamiah agar dirinya selalu tampil cantik. Sehingga takjarang saat ini beberapa brand alat kecantikan mencantumkan minyak zaitun atau olive oil sebagai salah satu bahan pada komposisi bahan-bahan yang digunakan. Ceopatra dulu untuk tampil menawan, selalu memerhatikan kesehatan rambutnya. Untuk tampil yakin dan percaya diri, Cleopatra membersihkan rambutnya menggunakan ramuan minyak zaitun sebagai shampoo-nya. Konon, rambut Cleopatra indah dengan warnanya yang hitam dan panjang menawan terurai.

Manfaat Minyak Zaitun
» Pembasmi Ketombe
Kadang-kadang kita suka kesal dengan ketombe di kulit kepala, gatalnya minta ampun … :marah Memang mengesalkan bial memiliki rambut berketombe. Hal ini bisa diobati dengan menggunakan minyak zaitun sebagai campuran shampoo kesukaannya saat membilas. Khasiatnya tentu saja mampu menghilangkan ketombe pada rambut.

» Moisturizer pada Wajah
Agar kulit wajah tetap segar, lembab, pembaca tinggal mencampur buah alpuket dengan 3 sendok makan minyak zaitun untuk diblender. Setelah tercampur antara minyak zaitun dan alpuket, tinggal usapkan mixture alpuket dan minyak olive tersebut ke seluruh bagian kulit wajah. Maka, kulit wajah yang tadinya selalu kering akan menjadikan kulit wajah senatiasa terasa lembab.

» Mengencangkan Kulit Wajah
Agar wajah tidak memiliki kesan keriput maka perlu dikencangkan. Bagaimana caranya? Lakukan pemijatan pada bagian wajah yang nampak kendur, gunakan minyak zaitun dan jus jeruk segar. Waktu yang disarankan untuk pemijatannya sebelum tidur, hal ini mampu mengurangi tingkat kekeriputan pada wajah. Dan sebaliknya, apabila melakukan pemijatan memakai campuran minyak zaitun dan jus jeruk pada otot yang tegang sebab aktivitas sehari-hari yang terlalu berat maka manfaatnya dapat mengendurkan otot yang kaku tersebut.

» Menjadikan Minyak Zaitun sebagai Menu Makanan
Kebiasaan masyarakat Timur Tengah, menjadikan minyak zaitun sebagai menu makanan. Caranya, mereka memanfaatkan kandungan lemak takjenuh tunggal yang dimiliki minyak zaitun. Minyak zaitun biasa dijadikan jus alami yang menghasilkan aroma dan rasa serta vitamin. Saru-satunya minyak yang bisa langsung diperas dari buahnya.

Tidak ada hasil alam lain dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak minyak zaitun.

» Minyak Zaitun sebagai Obat Mag
Minyak zaitun bisa pula sebagai obat untuk mencegah timbulnya penyakit lambung. Minyak zaitun mengaktifkan sekresi dari empedu dan hormon pankreas yang alami.

» Menurunkan Resiko Terbentuknya Batu Ginjal
Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumi 25 ml – sekitar 2 sendok makan – minyak zaitun murni (virgin olive oil) sekali sehari selama satu minggu menunjukkan menurunkan tingkat oksidasi LDL dan meningkatkan kandungan anti oksidan, khususnya fenol, dalam darah. Sehingga manfaat akan hal ini bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

» Minyak Zaitun dan Penyakit Jantung
Manfaat lain bagi kesehatan dari minyak zaitun bahwa minyak zaitun sebagai anti oksidan. Hasil penelitian menyebutkan, minyak zaitun dapat mencegah penyakit jantung. Minyak zaitun mampu mengendalikan kadar LDL alias kolesterol jahat dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah. Perlu diketahui, minyak zaitun dapat ditoleransi dengan sangat baik oleh pencernaan.

Perasan buah zaitun yang pertama mengandung tingkat anti oksidan yang paling tinggi, khususnya vitamin E dan fenol, karena tidak melalui banyak proses.

Jenis Minyak Zaitun
Pada umumnya, minyak zaitun diperoleh dengan cara memeras atau menghancurkan buahnya. Berdasarkan prosesnya, minyak zaitun terbagi menjadi beberapa jenis, dan yang paling berkualitas adalah Minyak zaitun ekstra murni –biasa disebut dengan extra virgin– sebab minyak yang dihasilkan merupakan hasil perasan buah zaitun yang pertama.

Cara Penyimpanan Minyak Zaitun
Simpanlah minyak zaitun pada tempat yang sejuk, dingin dan gelap. Cahaya dan panas adalah musuh utama minyak zaitun. Minyak zaitun apabila dimasukkan ke dalam botol, tutuplah serapat mungkin. Karena bila sedikit saja terbuka maka oksigen memungkinkan membuat wangi minyak zaitun menjadi tengik. Sama halnya dengan minyak-minyak lainnya, minyak zaitun dapat menjadi tengik jika terkena udara, cahaya atau panas yang tinggi.

Tidak hanya untuk kecantikan saja, minyak zaitun bermanfaat pula untuk kesehatan… Mudah-mudahan artikel seputar Cleopatra dan Minyak Zaitun berguna untuk Anda :sip